Senin, 21 November 2011

Bab 2. Tugas-3. Penugasan SUHU Pendempal Bathukmu ... !!!

Petunjuk  :  Sama dengan Tugas-2.
Materi      :  Fungsi & Proses Kerja Peralatan TIK - Brainware.
Pertanyaan :
  1. Komputer baru bisa dioperasikan bilamana memenuhi 3 syarat pokok yang menjadi komponen utamanya. Bilamana tak dipenuhi, ya mana mungkin bisa dipakai. 
  2. Jelaskan perbedaan di antara Brainware, Hardware dan Software !Pertanyaannya, jelaskan 3 syarat pokok yang dimaksud !
  3. Siapakah-apakah Brainware Komputer itu  ?
  4. Sebutkan minimal 3 peran khusus  Brainware Komputer sebagai Produsen sekaligus Vendor !  Contohnya ?
  5. Sebutkan minimal 3 peran khusus  Brainware Komputer sebagai Distributor alias Vendor !  Contohnya ?
  6. Sebutkan minimal 3 peran khusus  Brainware Komputer sebagai  Konsumen User Komputer secara Umum ? Contohnya ?
  7. Sebutkan minimal 3 peran khusus  Brainware Komputer sebagai  User Komputer sebagai Programmer ? Contohnya ?
  8. Sebutkan minimal 3 peran khusus  Brainware Komputer sebagai  User Komputer yang berasal dari Kelompok White Hacker ? Contohnya ?
  9. Sebutkan minimal 3 peran khusus  Brainware Komputer sebagai  User Komputer yang berasal dari Kelompok Black Hacker (Cracker) ? Contohnya ?
  10. Sebutkan minimal 3 peran khusus  Brainware Komputer sebagai  User Komputer yang berasal dari Kelompok Helper Hacker (Preacker) ? Contohnya ?
  11. Sebutkan hikmah yang diperoleh usai  mengerjakan Tugas di atas  !



JAWAB  :
#1. komputer harus mempunyai (brainware, software, dan hardware) jika tidak maka komputer tidak bisa dipakai . 
#2.   3 syarat pokok yang dimaksud ..
  • Brainware merupakan manusia yang mengopersikan komputer. 
  • Hardware atau dalam bahasa indonesianya disebut juga dengan nama perangkat keras adalah salah satu komponen dari sebuah komputer yang sifat alat nya bisa dilihat dan diraba oleh manusia secara langsung atau yang berbentuk nyata, yang berfungsi untuk mendukung proses komputerisasi.
  • Software / Perangkat lunak adalah istilah umum untuk data yang diformat dan disimpan secara digital, termasuk program komputer, dokumentasinya, dan berbagai informasi yang bisa dibaca dan ditulis oleh komputer. Dengan kata lain, bagian sistem komputer yang tidak berwujud. Misal linux atau windows xp.
#3.  manusia / si pengguna .
#4. Yang dimaksud Produsen sekaligus Vendor adalah orang yang membuat program-program komputer dan sekaligus mendistribusikannya kepada konsumen.
-Menentukan kinerja komputer
-Memberikan program-program komputer yang diminta 
-Menjaga komputer agar tetap nyaman ketika dipakai
#5. contohnya adalah orang yang membuat program-program komputer itu lah yang menentukan bagaimana cara program itu berjalan dan itu diberikan sehingga dapat digunakan oleh sang konsumen.
#6. Yang dimaksud Distibutor/Vendor adalah orang-orang yang memperoleh program program dari Produsen da kemudian mendistibusikannya kepada konsumen.
-Menjaga komputer agar tetap dapat digunakan oleh konsumen
-Menjaga sistem kinerja komputer/programprogram yang telah ditentukan dan yang telah diberikan oleh produsen.
-Memberikan program yang diminta oleh konsumen dari prosuden
contohnya : -
#7. Secara umum User Komputer adalah orang yang menggunakan, mengoperasikan, serta memanfaatkan program komputer. contohnya :  orang/manusia yang memanfaatkan program komputer untuk kepentingannya. Peran khususnya adalah menjaga kinerja jalannya komputer, menjalankan program, dah menggunakan program tersebuat.
#8. User Komputer sebagai Programmer adalah orang yang menciptakan, membuat suatu program / sofware komputer. contohnya : orang-orang yang membuat program-program didalam komputer. Peran khususnya adalah menjaga program komputer, menjalankan program komputer yang digunakan, menentukan program yang ada.
#9. Peretas putih atau White hat hacker adalah istilah teknologi informasi dalam bahasa Inggris yang mengacu kepada peretas yang secara etis menunjukkan suatu kelemahan dalam sebuah sistem komputer. White hat secara umum lebih memfokuskan aksinya kepada bagaimana melindungi sebuah sistem, dimana bertentangan dengan black hat yang lebih memfokuskan aksinya kepada bagaimana menerobos sistem tersebut. Topi putih atau peretas putih adalah pahlawan atau orang baik, terutama dalam bidang komputer, dimana ia menyebut etika hacker atau penetrasi penguji yang berfokus pada mengamankan dan melindungi IT sistem.
White hacker cenderung bersifat positif dan dibutuhkan oleh banyak pihak di dunia maya. contohnya : ahli keamanan komputer.
Peran khusunya adalah menjaga sistem komputer dari serangan hacker-hacker hitam/  penghacker / perusak sistem komputer.
#10. Black Hacker (Cracker) adalah Orang yang menggunakan kemampuannya di bidang internet untuk tujuan kriminal dan cenderung membahayakan  pihak lain. Cracker lebih cenderung bersifat negatif dan tidak pernah diharapkan sama sekali. contohnya :  oarang-orang yang menerobos keamanan sistem komputer tanpa izin dan tujuannya untuk merusak.
Persan khususnya: merusak sistem kinerja komputer,  untuk merusak data dalam suatu sistem operasi yang telah mereka terobos, mereka hanya mencoba-coba kemampuan untuk menaklukkan sistem keamanan dari komputer tersebut demi kepuasan sendiri.
#11. PHREAKER : adalah orang yang melakukan modifikasi pada perangkat komunikasi (mungkin yang terkenal adalah telephone) untuk keperluan ilegal (menurut hukum formal). Mereka memodifikasi dengan cara melakukan "siul" ganda (dengan menggunakan prinsip "dual tone frequency") yang mengakibatkan sentral telephone menerjemahkannya menjadi sebuah perintah, dimana perintah tersebut sebenarnya adalah ilegal.
#12. hikmahnya adalah
  • Kita mendapat lebih banyak ilmu (tentunya) 
  • Kita dapat mengetahui apa-apa saja komponen utama Komputer 
  • Kita harus lebih hati-hati dalam menggunakan komputer .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar