Kamis, 12 Januari 2012

Tugas 3. Semester 2. Virus Komputer dan Cara Mengatasinya

Kerjakan di Weblog Anda masing-masing dengan Cara Kerja yang sudah diajarkan oleh SUHU PSPB RONGGOLAWEZ21 !


  1. Apa itu Virus Komputer ?
  2. Siapa yang membuat Virus Komputer ?
  3. Jelaskan, mengapa banyak dia antara kita membuat Virus Komputer ?
  4. Bagian Komputer mana sajakah yang bisa rusak oleh serangan Virus Komputer ? Jelaskan !
  5. Bagian Hardware mana sajakah yang bisa mati gara-gara serangan Virus Komputer ?
  6. Bisakah Virus Komputer menular ke dalam tubuh manusia khususnya Si User Komputer ? Jelaskan !
  7. Bisakah Virus Komputer mempengaruhi Pikiran, Sikap, Ucapan dan Perilaku Negatif Si User Komputer ? Jelaskan !
  8. Sebutkan dan Jelaskan jenis Virus Komputer !
  9. Sebutkan Jenis Virus Komputer yang tergolong Virus Ringan !
  10. Sebutkan Jenis Virus Komputer yang tergolong Virus Menengah !
  11. Sebutkan Jenis Virus Komputer yang tergolong Virus Berat !
  12. Sebutkan dan jelaskan dampak negatif Pembuatan Virus, lalu diujicobakan di Komputer Sekolah !
  13. Bagaimanakah sikap Anda bilamana Komputer di LABKOM Sekolah Anda, hanya ada 1 (satu) Unit Komputer yang terserang Virus ?  Jelaskan !
  14. Bagaimanakah sikap Anda bilamana Komputer di LABKOM Sekolah Anda, hanya ada 2 (dua) atau lebih Komputer yang terserang Virus ?  Jelaskan !
  15. Bagaimanakah sikap Anda bilamana Komputer di LABKOM Sekolah Anda, Seluruh  Komputernya terserang Virus ?   Jelaskan !
  16. Bilamana Komputer terserang Virus, lebih arif bijaksana manakah antara Menyecan Virus dengan Install Ulang Windows, Program Aplikasi dan Pendukungnya ?   Jelaskan !
  17. Jelaskan tentang Virus Lokal  :  Definisi,  Jenis, Dampak Positif,  Dampak Negatif,  Pembuatnya,  Alasan Pembuatannya !
  18. Sebutkan sebanyak mungkin Virus Lokal yang pernah menjadi Hantu Komputer di Indonesia, sekaligus  sasaran Korbannya dan Cara Mengatasinya !
  19. Sebutkan sebanyak mungkin Virus Lokal yang sedang menjadi Hantu Komputer di Indonesia, sekaligus Sasaran Korbannya dan Cara Mengatasinya  !
  20. Sebutkan sebanyak mungkin Virus Asing yang pernah menjadi Hantu Komputer di Indonesia, sekaligus Sasaran Korbannya dan Cara Mengatasinya !
  21. Sebutkan sebanyak mungkin Virus Asing yang pernah menjadi Hantu Komputer di Indonesia, sekaligus Sasaran Korbannya dan Cara Mengatasinya !
  22. Sebutkan dan jelaskan tentang Deteksi Cirikhas Komputer telah terkena  Serangan Virus !
  23. Sebutkan dan jelaskan tentang Cirikhas Komputer bilamana sudah pernah kena Serangan Virus meskipun sudah discan !
  24. Virus dibuat melalui Bahasa Program Komputer (Programming), apa nama Softwarenya ?
  25. Carilah Tutorial sebanyak mungkin tentang Trik Tips Mengatasi Virus ! 


SUMBER   :  http://suhupspbwongtubanronggolawez21.blogspot.com/2010/03/tugas-3-semester-2-virus-komputer-dan.html 

#1.  Virus komputer merupakan program komputer yang dapat menggandakan atau menyalin dirinya sendiri dan menyebar dengan cara menyisipkan salinan dirinya ke dalam program atau dokumen lain. Virus komputer dapat dianalogikan dengan virus biologis yang menyebar dengan cara menyisipkan dirinya sendiri ke sel makhluk hidup. Virus komputer dapat merusak (misalnya dengan merusak data pada dokumen), membuat pengguna komputer merasa terganggu, maupun tidak menimbulkan efek sama sekali. ( sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Virus_komputer )

#2. Pengetahuan yang satu ini adalah juga membicarakan seorang tokoh yang berpengaruh dalam sejarah komputer, yaitu orang yang telah membuat  virus komputer untuk pertama kalinya.
richskrenta Pencipta Virus Komputer Pertama
Elk Cloner dinyatakan sebagai salah satu virus mikro komputer yang menyebar luas keluar dari ruan lingkup tempat pembuatanya.Dibuat pada tahun 1982 oleh seorang murid Sekolah Menengah Atas yang berumur 15 tahun. Ia bernama Rich Skrenta. Virus yang ia buat, saat itu ditujukan untuk sistem komputer Apple II. ( sumber : http://abusyauqitamim.wordpress.com/2011/12/03/orang-yang-pertama-kali-membuat-virus-komputer/ )

#3.
Ada ratusan bahkan ribuan versi baru virus muncul setiap tahunnya, bahkan jika kita rajin melihat berita yang ada di setiap situs antivirus, kita bisa tahu bahwa ada banyak sekali virus baru yang muncul setiap harinya.
Dengan semakin berkembangnya teknologi komputer, berkembang pula teknologi dan kecanggihan sebuah virus. bahkan kini penyebaran virus bisa terjadi dengan lebih cepat ke seluruh dunia melalui akses internet yang semakin meluas.
kini kita akan mencoba mengetahui sebenarnya kenapa dan apa yang menyebabkan seseorang selalu berupaya membuat virus baru yang disebarkan ke seluruh dunia setiap harinya :
1. Digunakan sebagai objek penelitian
dalam sebuah wawancara online. Dark Avenger, seorang pembuat virus dari Bulgaria mengatakan “Saya membuat virus komputer karena saya penah mendengar adanya virus komputer dan ingin mengetahui tentang hal tersebut, tetapi tidak ada orang di sekitar saya yang bisa menerangkannya. Sehingga saya memutuskan untuk membuatnya sendiri. Saya memasukkan kode-kode di dalamnya yang dapat merusak data. Saya minta maaf akan hal tersebut. Saya memulainya pada September 1988.”
2. Tidak mau kalah dengan pihak pembuat Antivirus
ada pula yang mengatakan bahwa dengan semakin berkembangnya teknologi antivirus, maka akan semakin membuat sang pembuat virus termotivasi untuk membuat virus yang lebih “ganas” dan lebih baik lagi. Ia tidak mau dianggap “kalah” dan menyerah dengan teknologi antivirus terbaru.
3. Kurangnya lapangan pekerjaan bagi Programmer otodidak.
ada banyak sekali programmer handal dan pintar namun masih kurang beruntung karena tidak tertampung di perusahaan – perusahaan IT. Sebagian besar karena programmer tersebut memperoleh pengetahuannya dari otodidak, padahal hampir semua perusahaan IT membutuhkan gelar akademis sebagai syarat pekerjaan di tempat mereka. Seorang pembuat virus mengatakan “Saya membuat virus karena tidak tahu hal lain yang perlu saya buat dengan kemampuan pemrograman saya.”
4. Banyaknya celah keamanan pada OS maupun Program – program yang lain
Banyaknya celah keamanan yang terdapat dalam operating system maupun software – software tertentu dapat membuat seseorang tergoda membuat virus dengan memanfaatkan celah tersebut sebagai media penyebaran maupun infeksinya.
misalnya kelemahan microsoft office membuat seseorang membuat virus makro, dan kelemahan Internet eksplorer membuat seseorang membuat worm yang tersebar dengan luar biasa cepat ke seluruh dunia.
5. Ingin terkenal dan dikenal
Banyak virus yang menampilkan teks dan gambar dengan harapan agar pembuatnya dan virusnya dapat terkenal di seluruh dunia. Awalnya virus ini tidak bertujuan merusak. Contoh virus jenis ini yang dibuat oleh orang indonesia adalah DenZuk dan UFO.
namun pada perkembangannya muncul kelompok – kelompok pembuat virus di dunia maya yang selalu bersaing mempertahankan eksistensinya dan bersaing dengan kelompok pembuat virus yang lainnya.
Kelompok – kelompok tersebut selalu bersaing untuk menciptakan virus – virus baru yang lebih hebat, kuat, tidak terdeteksi antivirus serta menyebar dengan cepat.
Kelompok pembuat antivirus yang saat ini sangat terkenal adalah :
CodeBreakers, Genesis (Inggris)
Nuke, Viper (Amerika)
TridenT (Belanda)
selain dengan bersaing membuat virus, mereka juga memperkuat eksistensinya dengan membuat majalah serta artikel virus online, misalnya saja CodeBreaker dengan CodeBreaker Magazine dan NuKE dengan NuKE Info Journal.
6. Mencuri dan merusak data
ada banyak sekali virus yang dibuat dengan sengaja untuk merusak data seseorang. Ada virus yang bisa memformat hardisk sampai lebih dari 2 kali untuk benar – benar menghilangkan data pemilik komputer.
Banyak pula virus yang dibuat untuk mencuri data seseorang. Misalkan yang sedang marak adalah virus yang dibuat untuk mencuri password dan data – data lainnya dengan cara mengupload data – data tersebut ke komputer pembuat virus. Virus jenis ini seringkali digunakan untuk mencuri data – data lawan, baik lawan bisnis maupun yang lainnya.
7. Dendam dan kecewa
masih ingat dengan virus halo dan virus cinta yang pernah menghebohkan indonesia beberapa tahun yang lalu?
virus tersebut berisi teks yang pada intinya menuliskan kekecewaan si pembuat virus terhadap wanita (pacarnya) karena suatu hal. Ini adalah bentuk ekspresi kekecewaan dan dendam si pembuat virus terhadap seseorang.
8. kiddiez
kalau kita mencoba browsing di google dengan keyword “virus generator”, kita akan menemui banyak sekali program maupun software yang dapat membuat virus dengan instan, bahkan oleh orang yang tidak mengerti pemrograman sekalipun. Dengan virus generator maupun virus creation kit tersebut, kita bisa membuat virus dan variannya dengan sangat mudah. Contoh virus generator terkenal yang sering di update adalah vbswg buatan [k]Alamar dari Argentina. Pembuat virus yang menggunakan virus generator seperti ini biasa disebut kiddiez atau anak-anak
9. Iseng
inilah alasan yang sering dijawab oleh banyak pembuat virus. Biasanya mereka membuat virus untuk mengisi waktu luang mereka dan membuatnya hanya karena iseng saja.
Apa keuntungan si pembuat virus jika membuat virus?
sebenarnya hampir tidak ada keuntungan material. Malah resiko kerusakan komputer sangat besar saat mereka menguji coba virus yang mereka gunakan. Tapi sebagian besar dari mereka mempunyai kepuasan pribadi maupun kelompok karena berbagai macam tujuan mereka tercapai. Misalkan saja mereka menjad terkenal bersama dengan virusnya dsb
sebenarnya dengan semakin maraknya pembuatan virus – virus baru, pihak yang paling diuntungkan adalah si pembuat antivirus. Apa ada kerjasama antara beberapa pembuat virus dengan pihak pembuat antivirus? tidak ada yang tahu..hehe ( sumber : http://www.pusatgratis.com/tutorial/security/alasan-pembuat-virus.html )

#4. Virus menyerang ke dalam komputer dengan berbagai cara. Tapi pada umumnya virus bertujuan untuk merusak system yang bekerja di dalam komputer kita.
Bentuk-bentuk serangan yang dilakukan virus pada file:
1. Menghapus, memindahkan, menyembunyikan dan mengerusak file(harap jangan sampai merusak isi file karena sapa tahu file itu sangat penting mungkin file tersebut tulisan skripsi ato apalah yang tentunya begitu berarti bagi user(patuhi saran vm yang baik)
2. Infeksi terhadap file, biasanya virus melakukan ini untuk melindungi dirinya dengan cara menempel dirinya pada file yang ingin di infeksi. Biasanya file*.exe, *.com, dll.
3. Memformat partisi dan menghapus partisi (harap bagi vm jangan lakukan ini karena selain memusnahkan virus sendiri juga memusnahkankan data orang).
4. Menyembunyikan folder asli lalu membuat folder palsu dengan nama yang sama tetapi folder tersebut sebenarnya adalah file virus berekstensi .exe hal ini juga dapat dilakukan pada file dengan ekstensi2 tertentu yang diinginkan sang vm untuk dibuat file palsunya.
Bentuk-bentuk serangan diatas adalah bentuk serangan yang paling sering dilakukan oleh virus untuk melakukan manipulasi terhadap suatu file . Menghapus, memindahkan dan menyembunyikan file merupakan hal yang sangat sering digunakan oleh virus. Bahkan hampir semua virus menggunakan tehnik ini untuk melakukan manipulasi terhadap suatu file. Infeksi terhadap file exe, com, dan scr sangat jarang ditemukan karena teKnik ini cukup sulit dilakukan. ( sumber : http://niat-belajar.blogspot.com/2009/09/bentuk-serangan-virus-komputer.html )

#5.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar